Cara Menggunakan Panci Presto yang Baik & Benar

cara menggunakan panci presto

Panci presto termasuk salah satu jenis alat masak yang sangat dibutuhkan setiap perhelatan acara-acara besar. Entah itu saat ada acara hajatan maupun saat menyambut hari raya.  Pasalnya, berbagai jenis macam menu mulai dari daging hingga sayur-sayuran akan membutuhkan proses yang lebih mudah dan hasil yang lebih maksimal hanya dengan menggunakan panci presto.

Namun, cara menggunakan panci presto tidaklah seperti panci jenis lainnya. Oleh karena itu, jangan sembarangan menggunakan panci presto ini. Nah, untuk lebih jelasnya tentang cara penggunaan panci presto maka silahkan menyimak ulasannya berikut ini.

1. Membaca Petunjuk Penggunaan

Pada dasarnya setiap panci presto diproduksi dan didesain secara berbeda-beda. Setiap brand yang memproduksi panci presto memiliki fungsi dan fitur yang berbeda sehingga untuk memudahkan proses memasak ada baiknya untuk membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu.

Baca aturan pemakaian agar Anda advance dalam mengolah masakan ungkep, termasuk urutan agar masakan matengnya menjadi tepat. Enak di lidah.

cara menggunakan panci presto yang aman

Simak juga informasi tentang berapa sih ukuran mesin cuci 2 tabung

2. Periksa Kelengkapan Panci Presto

Panci presto juga selalu dilengkapi dengan berbagai fitur pelengkap seperti loyang kukus, saringan, karet penutup panci, baut pegangan dan masih banyak lagi. Periksalah semua kelengkapan panci presto tersebut sebelum menggunakannya.

Tips dan prosedur bagaiamana mengoperasikan perabotan listrik ini sangat mudah, lihat video tutorial di internet akan menjadikan Anda ahli memasak.

3. Panaskan dan Cuci Sebelum Dipakai

Sebelum menggunakan panci presto, Anda juga wajib memanaskannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Panaskanlah panci di suhu 100 derajat celcius. Proses ini dilakukan untuk membunuh kuman-kuman yang membandel. Setelah itu cucilah menggunakan air hangat.

cara menggunakan panci presto

4. Jangan Lupa Menggunakan Air

Saat menggunakannya jangan lupa memasukkan air secukupnya ke dalam panci. Pada umumnya, bahan makanan yang ditujukan untuk mendapatkan hasil yang lunak maka akan membutuhkan banyak air dan begitu pula sebaliknya.

Ini agar tulang sapi atau ceker yang kita masak nantinya lebih mudah matang dan empuk.

5. Mengatur Panas Api

Cara menggunakan panci presto selanjutnya ialah dengan menyalakan kompor lalu mulailah memasak.  Perhatikan jenis makanan yang akan Anda masak. Jika Anda ingin memasak daging agar lebih lunak maka gunakanlah api yang agak besar. Intinya, sesuaikanlah panas atau nyala api dengan kebutuhan resep makanan Anda. Jika panci presto telah menimbulkan suara nyaring  maka segeralah mengecilkan apai agar uap panci bisa keluar. Anda juga sudah bisa melepaskan panas uap api dengan cara membuka tutup panci. Jangan lupa menggunakan sarung tanga oven agar tangan Anda terlindungi dari panas.

Membuat ketupat, merebus air untuk bubur nasi sampe rendang daging bisa kita masak juga pakai perabotan ini.

6. Menghitung Jumlah Makanan

Langkah selanjutnya ialah dengan menghitung volume bahan makanan yang akan dimasak. Pada umumnya, satu panci presto tradisional bisa menampung sebanyak 1 gelas berukuran sedang. Nah, air sebanyak itu bisa digunakan untuk memasak makanan dengan durasi 20 hingga 25 menit.

Adapun untuk panci presto modern yang memiliki fungsi serbaguna mampu menampung sekitar satu setengah gelas bahan makanan sehingga Anda bisa memasak dengan durasi 30 menit. Ikutilah petunjuk yang ada di buku panduan panci presto agar Anda tidak salah dalam melakukan takaran bahan makanan ke dalam panci.

Selaim untuk presto, kita juga masak pepes ayam atau bandeng memakai alat masak ini.

7. Cara Membersihkan Panci Presto

Setelah mengetahui cara menggunakan panci presto tadi, maka hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui ialah cara membersihkan panci presto. Pada dasarnya, hampir semua panci presto terbuat dari bahan stainless kuat dan tahan lama.

Namun meskipun demikian, Anda tetap wajib menjaga keutuhan panci dengan cara melakukan pencucian dengan baik dan benar. Karena penggunaan panci presto selalu menggunakan air maka Anda perlu menjaga kebersihannya agar tidak cepat karatan.

Cucilah panci presto dengan menggunakan cairan pembersih yang mampu menghilangkan minyak membandel. Anda bisa menggunakan cairan pembersih kimia ataupun natural dengan mencampurkan air lemon dan juga baking soda. Jika telah bersih, simpanlah panci presto di tempat yang kering dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Beberapa merk yang ada di pasaran misalnya maxim, oxone, happy call, miyako, kirin, vicenza, airlux, vienta, fincook dan zuko. Ada nama umum serta ada juga asing bagi kita. Yan terpenting pahami dulu sebelum membeli, sesuai gak dengan kebutuhan kita sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*