Uang Elektronik

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara uang elektronik (e-money) dan jumlah uang beredar di Indonesia. Data yang digunakan adalah uang elektronik, APMK dan jumlah uang beredar. Menggunakan alat analisis uji kointegrasi untuk mengetahui hubungan keseimbangan jangka panjang, dan uji kausalitas granger untuk mengetahui hubungan timbal balik antar variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel uang elektronik dan jumlah uang beredar memiliki keseimbangan jangka panjang dan antara variabel uang elektronik dan jumlah uang beredar hanya mempunyai hubungan kausalitas satu arah.

TapCash BNI dapat dibeli di cabang Financial institution BNI dan merchant-merchant yang bekerja sama dengan BNI. E-money lebih global fungsinya karena bisa digunakan untuk transaksi sehari hari, mulai dari bayar tol, sampai belanja sehari hari termasuk beli tiket transportasi bagi yang sudah bekerja sama. Sementara MMT menangani transfer uang orang-ke-orang, pembayaran mobile mengacu pada pembayaran orang-ke-bisnis yang dilakukan dengan telepon genggam. Pembayaran mobile melibatkan telepon seluler yang digunakan untuk melakukan pembayaran di terminal penjualan point-of-sale. Dalam kasus ini, ponsel dapat berkomunikasi dengan POS melalui teknologi tanpa kontak, seperti Near Area Communication.

Sedangkan untuk pengisian ulang, bisa dilakukan di berbagai merchant-merchant yang bekerja sama dengan Financial institution BNI atau pada cabang-cabang Financial institution BNI terdekat. Selain itu, Anda juga tidak bisa melakukan transaksi di seluruh seller karena e-wallet terbatas pada seller yang sudah diajak bekerja sama saja. Jadi, jika seller tersebut tidak bekerja sama dengan e-wallet, maka Anda harus tetap membayarnya dengan cara lain. Anda juga tidak bisa mencairkan saldo yang ada dalam e-wallet karena memang sistemnya dibuat demikian. Saldo dalam dompet digital hanya bisa digunakan untuk transaksi cashless saja. Jadi, meski tidak ingin berbelanja, saldo akan tetap berada disitu tanpa bertambah atau berkurang. Banyak promo yang ditawarkan oleh dompet digital di Indonesia pada tahun 2018 lalu.

e-Money diterbitkan oleh pihak perbankan dan lembaga selain financial institution atas perizinan dari Financial institution Indonesia. Information Financial Institution Indonesia per Juli 2016 mencatat terdapat 20 penerbit e-Money, yang terdiri dari 9 bank dan 11 lembaga selain financial institution.

BCA tidak bertanggung jawab dan tidak mendukung, menjamin, mengendalikan konten, mengendalikan ketersediaan dan perspektif atas produk-produk atau layanan-layanan yang ditawarkan atau dinyatakan oleh website tersebut. Informasi terkait fungsi utama yang menjadi kewenangan pengelolaan Bank Indonesia demi mencapai dan memelihara stabilitas nilai Rupiah.

uang elektronik

Nilai e-moneyyang dikelola oleh penerbit bukan termasuk simpanan sebagaimana yang dimaksud dalam undang-undang yang mengatur tentang perbankan. Di sisi existed, Perry melanjutkan uang kartal yang diedarkan pada Februari 2021 mencapai Rp783,6 triliun, tumbuh 11,95%. Dengan mengklik ‘Lanjutkan’, Anda akan diarahkan menuju website di luar yang tidak terafiliasi dengam BCA dan mungkin memiliki tingkat sekuriti yang berbeda.

Bahkan, penggunaan uang elektronik mengalami pertumbuhan mencapai 66,6 persen. Salah satunya ialah tentang penggunaan uang elektronik sehingga masyarakat tidak perlu mengantongi uang kertas. Pastikan Anda memiliki e-money dari bank penerbit yang sama dengan financial institution tempat menyimpan uang. Contohnya, rekening tabungan dari Bank D, maka miliki e-money yang diterbitkan oleh Bank D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*